Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 12:39 WIB

DPR Ingin Rombak Aturan Trader Gas di RUU Migas

Oleh : Uji Sukma Medianti | Jumat, 6 Oktober 2017 | 14:15 WIB
DPR Ingin Rombak Aturan Trader Gas di RUU Migas
Anggota Komisi VI DPR, Inas Nasrullah - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi VI DPR, Inas Nasrullah ingin ada perubahan atas aturan trader gas swasta, tercantum dalam rumusan amandemen Undang-undang Migas.

Inas menjelaskan, menjamurnya keberadaan perusahaan trader gas swasta tak lepas dari minimnya upaya pengawasan pemerintah dan tak sempurnanya Undang-Undang No. 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi.

"Pangkal masalahnya itu ada pada UU migas yang sangat neolib. Sebagai solusi, ke depan Kami dari DPR berkomitmen merevisi Undang-undang agar jaringan pipa transmisi dan distribusi dikuasai negara melalui BUMN dan tidak ada lagi trader swasta," kata Inas dalam keterangan resmi di Jakarta, Jum'at (6/10/2017).

Sebelumnya, dalam Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) I/2017 BPK menemukan adanya 17 permasalahan dalam kegiatan niaga dan transportasi yang dilakukan Pertagas, berikut entitas usahanya pada periode 2014 hingga semester I/2016. Dari permasalahan tadi, BPK menyimpulkan anak usaha PT Pertamina (Persero) ini berpotensi kehilangan pendapatan hingga Rp1,46 triliun.

Rinciannya, sebesar Rp1,28 triliun dari ketidakefektifan di 13 permasalahan; potensi kerugian mencapai Rp161,93 miliar dari 2 permasalahan; dan 2 permasalahan lain yang menyebabkan Pertagas mengalami kekurangan penerimaan hingga Rp14,17 miliar. "BPK menyimpulkan bahwa secara umum kegiatan niaga dan transportasi gas pada Pertagas masih kurang efektif," tulis BPK dalam IHPS I/2017. [ipe]

Komentar

 
x