Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 14 Desember 2017 | 17:03 WIB

Melalui BPD, SMF Perbesar Pembiayaan Perumahan

Oleh : - | Minggu, 8 Oktober 2017 | 20:08 WIB
Melalui BPD, SMF Perbesar Pembiayaan Perumahan
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) berupaya memperluas pembiayaan kepada bank pembangunan daerah (BPD) yang kemudian diharapkan dapat berperan menyalurkan kredit pemilikan rumah (KPR) bagi masyarakat menengah ke bawah.

Direktur Pembiayaan dan Sekuritisasi SMF Heliantopo melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu (8/10/2017), mengatakan program pembiayaan dilakukan dengan memperluas pembiayaan kepada bank pembangunan daerah khususnya di Indonesia bagian tengah dan timur.

"Hingga saat ini, kami telah bekerja sama dengan 23 BPD, di antaranya 11 BPD telah melakukan transaksi pembiayaan. Tercatat 23 BPD yang telah mengikuti program pelatihan KPR SMF, baik berupa pelatihan KPR kolektif maupun esklusif di masing-masing BPD," kata dia.

SMF juga telah menyusun dan menyerahkan prosedur operasi standar (SOP) KPR BPD, dan SOP Kredit Modal Kerja-Konstruksi Perumahan (KMK-KP) untuk mendorong penyaluran KPR di daerah.

Heliantopo menjelaskan upaya tersebut dilakukan bekerja sama dengan Kementerian PUPR dan Asosiasi Bank Daerah (Asbanda).

"Seluruh BPD tidak keberatan bekerja sama dengan SMF, yang menjadi tantangan adalah kerja sama tersebut apakah dapat ditindaklanjuti oleh BPD untuk konsisten mengembangkan KPR," kata dia.

Menurut Statistik Perbankan Indonesia, andil KPR berdasarkan kelompok bank untuk BPD hanya tercatat sebesar 6 persen per April 2017. Pemberian fasilitas kredit KPR masih didominasi oleh bank pemerintah sebesar 56 persen dan disusul bank swasta nasional 37 persen.

"Jumlah KPR berdasar kelompok bank memang kecil untuk BPD karena pemahaman BPD yang masih kurang soal KPR," kata Direktur SMF Trisnadi Yulrisman.

Untuk meningkatkan penyaluran pembiayaan KPR dari BPD, Trisnadi mengatakan SMF akan membantu di setiap tahapan hingga kemudian dapat mulai menyalurkan.

"Kalau sudah mulai menyalurkan, kami dukung dengan pembiayaan supaya volumenya bertambah. Harapan kami BPD menjadi pemimpin untuk KPR di daerahnya," ucap dia. [tar]

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x