Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 Oktober 2017 | 21:07 WIB

Jonan Makan Siang dengan 2 Petinggi Freeport

Oleh : Uji Sukma Medianti | Minggu, 8 Oktober 2017 | 20:45 WIB
Jonan Makan Siang dengan 2 Petinggi Freeport
Menteri ESDM, Ignasius Jonan - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengundang makan siang CEO Freeport McMoran Richard Adkerson dan Direktur Eksekutif Freeport Indonesia, Tony Wenas, Jumat (6/10/2017).

Dalam kesempatan itu, Jonan mengklarifikasi informasi yang menyebut Freeport menolak divestasi 51% saham.

Sesuai hasil pertemuan dengan Adkerson sehari sebelumnya, Jonan menjelaskan bahwa Freeport tetap memegang komitmen sesuai kerangka dasar (framework) yang telah disepakati sebelumnya.

Di antaranya divestasi saham 51% saham, pembangunan smelter, dan pendapat negara secara agregat lebih baik dibanding rezim Kontrak Karya.

Yang menjadi keberatan Freeport adalah hal-hal teknis menyangkut mekanisme, timing, dan valuasi divestasi.

"Inilah poin-poin yang saat ini sedang dirundingkan Freeport dengan pemerintah," kata Jonan dikutip dari situs resmi Kementerian ESDM.

Dalam pertemuan tersebut kembali disinggung juga mengenai porsi saham hasil divestasi untuk Papua sebesar 10%.

Jumlah tersebut akan dialokasikan secara proporsional untuk pemerintah provinsi, pemkab yang wilayahnya terdapat operasi Freeport, dan masyarakat adat.

Dalam makan siang di kantornya hari itu, Jonan didampingi sejumlah pejabat Kementerian ESDM di antaranya Wamen Arcandra Tahar, Sekjen M Teguh Pamuji, dan Dirjen Minerba Bambang Gatot Ariyono. [jin]

Komentar

 
x