Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Oktober 2017 | 12:37 WIB

Transfer Jumbo Stanchart

Pemiliknya Konsorsium Pengusaha Dekat Militer?

Oleh : Iwan purwantono | Senin, 9 Oktober 2017 | 14:54 WIB
Pemiliknya Konsorsium Pengusaha Dekat Militer?
Dian Ediana Rae - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Terkuaknya transfer jumbo lewat Standard Chartered (Stanchart) Quernsey ke Singpura senilai US$1,4 miliar, bikin heboh. Pemiliknya konsorsium pengusaha Indonesia?

Dian Ediana Rae, Wakil Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), menyebut, pemilik dana besar itu adalah beberapa perusahaan serta perorangan yang tercatat sebagai warga negara Indonesia (WNI).

"Yang kami sampaikan terkait dengan sejumlah perusahaan dan pengusaha warga negara Indonesia," kata Dian kepada sebuah portal online di Jakarta, Senin (9/10/2017).

Menarik sekali pernyataan orang nomor dua di PPATK ini. Di Indonesia, jumlah pengusaha tajir, bisa dihitung dengan jari. Pemilk dana triliun di republik ini, hanyalah segelintir saja.

Selain itu, transfer dana senilai US$1,4 miliar atau hampir setara Rp19 triliun ini, dari stanchartd Quernsey, wilayah Inggris ke Singapura, terkait dengan militer.

Kalau dirangkaikan, bisa jadi pemilik dana besar ini adalah pengusaha kakap di bidang militer. Kini, bolanya bergantung kepada Direktorat jenderal Pajak (DJP) Kementerian keuangan yang sudah dipasrahi data PPATK sejak lama. [ipe]

Komentar

 
x