Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 Oktober 2017 | 21:11 WIB

Remitansi di Asia Tenggara Capai US$62 Miliar

Oleh : Monica Wareza | Senin, 9 Oktober 2017 | 16:39 WIB
Remitansi di Asia Tenggara Capai US$62 Miliar
Kepala Ekonom Bank Dunia Wilayah Asia Timur dan Pasifik, Sudhir Shetty - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Bank Dunia melaporkan bahwa tingkat migrasi yang tinggi di kawasan Asia Tenggara selama 20 tahun terakhir, sejak 1995-2015, telah menyumbang remitansi di kawasan ini sebesar US$62 miliar atau setara dengan Rp824,6 triliun.

Kepala Ekonom Bank Dunia Wilayah Asia Timur dan Pasifik, Sudhir Shetty mengatakan jumlah pekerja migrasi yang tingig di kawasan Asia Tenggara yang mencapai 6,7 juta pekerja telah menghasilkan jumlah remitansi yang tinggi di wilayah ini.

"Sekitar US$62 milyar dalam bentuk remitansi terkirim ke negara-negara Asia Tenggara hingga tahun 2015," kata kata dia melalui video conference di Kantor Bank Dunia Cabang Indonesia di Jakarta, Senin (9/10/2017).

Menurut Shetty, jumlah remitansi yang tinggi ini menyumbang sebagai Produk Domestik Bruto (PDB) bagi negara tujuan maupun negara asal pekerja imigran ini.

Di negara Malaysia sebagai negara tujuan migrasi terbesar kedua di Asia Tenggara, dalam simulasi yang dilakukan Bank Dunia ditemukan kenaikan 10% jumlah pekerja migran berketerampilan rendah meningkatkan PDB riil Malaysia sebesar 1,1%. Sedangkan di Thailand, analisis terakhir menunjukkan bahwa tanpa pekerja migran, PDB akan turun sebesar 0,75%.

Dengan piliha kebijakan yang tepat, kata Shetty, negara-negara pengirim dapat memperoleh keuntungan ekonomi dari pekerja migran.

Di negara penerima, jika kebijakan migrasi sesuai dengan kebutuhan ekonomi, pekerja asing dapat mengisi kekurangan tenaga kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," imbuh dia. [tar]

Komentar

 
x