Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 11:20 WIB

Nilai Divestasi Freeport? Jonan Sebut Angka Ini

Oleh : - | Senin, 9 Oktober 2017 | 21:09 WIB
Nilai Divestasi Freeport? Jonan Sebut Angka Ini
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menegaskan, divestasi 51% saham PT Freeport Indonesia (PTFI/Freeport), nilainya US$4 miliar.

Jonan mengatakan, valuasi jika diproyeksikan bahwa Freeport McMoran (FCX) di bursa saham New York memiliki nilai pasar US$20,74 miliar, maka kontribusi PTFI sekitar 40% dari nilai tersebut.

Dalam rapat dengan Komisi VII DPR, Jakarta, Senin (9/10/2017), Jonan menjelaskan, 40% dari US$20,74 miliar, adalah US$8 miliar.

Maka, jika divestasi mayoritas diambil pemerintah Indonesia, minimal harus punya dana US$4 miliar. Karena mengacu divestasi 51% dari US$8 miliar.

"Kalau itu direferensi, rata-rata dalam 5-10 tahun kontribusi profitnya dari operasi Grasberg atau PTFI itu sekitar 40 persen, ya nilainya delapan billion. Kalau 51 persen itu ya empat billion. Gampang ini. Tinggal minta premiumnya berapa, karena ini kontrol 51 persen," kata Jonan.

Persoalan kontrol, menurut Jonan, saat ini, masih dalam tahap pembicaraan. Namun memang sudah memiliki komitmen sejak awal, bahwa untuk pelaksanaan tambang tetap dilaksanakan oleh Freeport McMoran, namun manajerial atau pengaturan tetap dibawah pemerintah Indonesia.

Keputusan perpanjangan sendiri, pemerintah menegaskan jika hal tersebut akan diberikan jika persyaratan yang ditawarkan Indonesia telah disepakati diantaranya divestasi 51%, kedua telah berkomitmen membuat smelter, ketiga penerimaan negara harus lebih besar. Sedangkan strategi untuk mengarah kepada hal teknis tersebut, pemerintah akan membahasnya secara tertutup.[tar]

Komentar

 
Embed Widget

x