Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 Oktober 2017 | 21:02 WIB

Pekerja RI Banyak tak Berpendidikan Tinggi

Oleh : Monica Wareza | Selasa, 10 Oktober 2017 | 11:09 WIB
Pekerja RI Banyak tak Berpendidikan Tinggi
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menurut Bank Dunia, tingkat migrasi pekerja di kawasan Asia Tenggara yang tinggi masih belum diiringi dengan tingkat pendidikan pekerja yang mumpuni.

Ekonom Bank Dunia untuk Social Protection and Jobs Global Practice, Mauro Testaverde mengatakan sebesar 93% dari 6,7 juta pekerja ini masih belum menyelesaikan pendidikan tinggi. Artinya, pekerja migran di kawasan ini memiliki pendidikan rendah dengan tingkat keterampilan yang kurang baik.

"Sebanyak 93% pekerja migran di kawasan ASEAN belum menempuh pendidikan tinggi, sedangkan 83% diantaranya belum menyelesaikan pendidikan menengah," kata Testaverde melalui video conference Kantor Bank Dunia Cabang Indonesia di Jakarta, Senin (9/10/2017).

Dari jumlah tersebut, menurut Testaverde, Myanmar adalah megara penyumbang pekerja dengan pendidikan terendah paling banyak.

Sementara itu, Indonesia yang menyumbang sebanyak 1,2 juta atau 18% dari total pekerja migran di kawasan Asia Tenggara, dimana 90% dari jumlah pekerja asal Indonesia ini belum menyelesaikan pendidikan secondary atau tidak lulus SMA.

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa pekerja migran asal Indonesia masih memiliki kemampuan keterampilan yang rendah di Asia Tenggara. [jin]

Komentar

 
x