Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 November 2017 | 00:59 WIB

Jokowi Siap Luncurkan Perhutanan Sosial

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Selasa, 10 Oktober 2017 | 14:20 WIB
Jokowi Siap Luncurkan Perhutanan Sosial
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah di bawah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution saat ini tengah mempersiapkan program perhutanan sosial. Program ini merupakan bagian dari reforma agraria yang tengah dirampungkan oleh pemerintah.


Pada program ini, pemerintah akan memberikan hak pengelolaan lahan. Masyarakat pun dapat menggunakannya dengan hak pengelolaan selama 35 tahun.

"Saya melapor persiapan perhutanan sosial di 51 lokasi. Sudah diidentifikasi, luas sekali. Presiden siapkan jadwal, mulai akhir Oktober 2017 mulai diresmikan," kata Darmin di kantornya usai bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Selasa (10/10/2017).

Program ini, lanjut Darmin, akan diterapkan pada beberapa daerah seperti diseluruh Indonesia, yang akan datang pemerintah akan meresmikan program ini di Musi Banyuasin, Palembang, Sumatera Selatan. Hanya saja, penerapan program ini akan dilakukan secara bertahap pada setiap daerah.

"Kamis (12/10) nanti kita launching replanting kelapa sawit di Musi Banyuasin. Nanti di lokasi-lokasi lain. Presiden juga minta desain komoditi lain, seperti karet, kelapa, kopi, kakao, sehingga peremajaan berjalan," paparnya.

Menurut Darmin, program ini tidak membutuhkan Peraturan Presiden dalam penerapannya. Untuk itu, Jokowi bisa melakukan peluncuran program ini dalam waktu dekat.

Nantinya, dalam 1 lokasi terdapat luas lahan hingga mencapai 4.000 hektare. Program ini pun diharapkan dapat menekan ketimpangan pada berbagai daerah.

"Kalau kurang itu kita akan berikan KUR. Tapi per bulan, pakai kartu. Kelola secara kluster, ada off taker, ada pembimbing," katanya. [jin]

Komentar

 
x