Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 11:16 WIB

DPR: Freeport dan Newmont Patungan Bikin Smelter

Oleh : - | Rabu, 11 Oktober 2017 | 18:36 WIB
DPR: Freeport dan Newmont Patungan Bikin Smelter
Anggota Komisi VII DPR, Fadel Muhammad - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ada usulan agar pembangunan unit pemurnian miliki mineral (smelter) PT Freeport Indonesia digabung saja dengan PT Newmont Nusa Tenggara, Sumbawa.

"Daripada di Gresik, Jawa Timur tidak jadi-jadi atau dibangun di mana juga tidak kunjung selesai, lebih baik digabung saja dengan smelter kepemilikan Newmont. Saya rasa itu lebih efektif," kata Anggota Komisi VII DPR, Fadel Muhammad di Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Fadel mengatakan, apabila smalter dapat dikerjakan bersama, maka akan banyak pihak diuntungkan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, paling tidak salah satu syarat perpanjangan kontrak sudah terpenuhi yaitu membangun smelter."Kalau masalah kepemilikan smelter kan bisa dibagi dua hitungannya, bisa itu," katanya.

Selain itu, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan tersebut juga mengatakan perlu dibangun komunikasi yang intens dengan PT Freeport dan juga pemerintah daerah setempat.

Ada beberapa pemerintah daerah yang sudah mendapatkan keuntungan dengan adanya Freeport, namun ada juga yang tidak mendapatkan apapun sama sekali. "Harus sering berkomunikasi melalui pemerintah daerah, itu perlu, karena Freeport berada di wilayah mereka," kata Fadel.

Hingga saat ini pemerintah masih bernegosiasi dengan Freeport. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), terus melakukan koordinasi secara tertutup dengan Presiden, dan DPR untuk membahas strategi yang harus disiapkan. [tar]

Komentar

 
Embed Widget

x