Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Oktober 2017 | 02:32 WIB

Surat Cinta Bos Freeport Preseden Buruk Investasi

Oleh : Uji Sukma Medianti | Kamis, 12 Oktober 2017 | 09:09 WIB
Surat Cinta Bos Freeport Preseden Buruk Investasi
President dan CEO Freeport Mc Moran Inc Richard C. Anderson saat konferensi pers di Fairmont, Senayan, Jakarta - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi VII DPR Fadel Muhammad, mengingatkan pemerintah untuk berhati-hati terkait surat penolakan CEO Freeport McMoran, Richard Adkerson pada 28 September 2017.

Menurut mantan Menteri Kelautan dan Perikanan era Presiden SBY ini, persitiwa tersebut bisa berpengaruh negatif terhadap iklim investasi. "(Surat penolakan) ditanggapi hati-hati. Bisa jadi preseden tidak bagus bagi iklim investasi," kata Fadel di Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Fadel menilai, Adkerson keberatan untuk melakukan divestasi dalam ketentuan di Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK), karena proposal yang ditawarkan pemerintah tdk mencerminkan kesepakatan sebelumnya dan win win solution.

Dalam hal ini, Freeport ingin nilai saham dihitung sampai tahun 2041. Akan tetapi pemerintah ingin nilai saham dihitung sampai masa kontrak karya (KK) berakhir tahun 2021.

"Freeport ingin investasi nilai pasar wajar hingga 2041. Freeport (menilai) ada tambang emas yang belum dikelola dan sudah diserahkan ke pemerintah saat ini. Freeport ingin bisnis ini jalan terus sampai 2021 (masa KK berakhir)," jelas Fadel yang pernah menjabat Gubernur Gorontalo itu.

Dia mengatakan, dalam hal ini, Freeport harus tanggung jawab dengan pemegang saham di AS yang saat ini dimiliki oleh Rio Tinto. Sehingga dalam menciptakan investasi yang kondusif caranya adalah dengan mendorong orang berinisiasi dengan biaya dan resiko seminim mungkin untuk hasilkan keuntungan semaksimal mungkin.

"Faktor yang pengaruhi iklim investasi adalah stabilitas sosial politik, ekonomi, nilai tukar, sistem devisa, kebijakan dan regulasi bisnis yang ada," ujar tokoh senior HMI ini. [ipe]


Komentar

 
x