Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 22 Februari 2018 | 06:02 WIB
 

Hari Ini, Silahkan Coba Tol Kualanamu-Sei Rampah

Oleh : - | Sabtu, 14 Oktober 2017 | 01:39 WIB
Hari Ini, Silahkan Coba Tol Kualanamu-Sei Rampah
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Kualanamu - Kalau tak ada aral, tol dari arah Bandara Kualanamu menuju Sei Rampah yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo, diuji coba sepekan mulai hari ini (Sabtu, 14/10/2017).

"Besok (Sabtu, 14/10) sudah mulai diujicobakan selama satu minggu," kata Sekretaris Perusahaan PT Jasa Marga, M Agus Setiawan usai peresmian di Gerbang Tol Kualanamu, Sumut, Jumat (13/10/2017).

Menurut dia, dalam uji coba selama satu minggu, pengguna Jalan Tol Kualanamu-Sei Rampah tidak akan dipungut biaya sama sekali. Uji coba tersebut merupakan bagian dari sosialisasi sehingga masyarakat semakin mengetahui kondisi ruas jalan bebas hambatan itu.

Dalam uji coba tersebut, Jasa Marga melengkapi dengan berbagai sarana yang dibutuhkan, termasuk plank mengenai tarif yang harus dibayarkan pengguna jalan nantinya.

Setelah uji coba selama satu minggu, baru PT Jasa Marga memberlakukan tarif yang disepakati bersama seluruh pemangku kepentingan jalan tol. "Diperkirakan, 19 Oktober nanti baru diberlakukan dengan tarif," kata Agus.

Agus belum dapat menjelaskan secara pasti mengenai jumlah tarif yang harus dibayar pengguna jalan ketika melintas tol Kualanamu-Sei Rampah.

Namun, Jasa Marga telah mengetahui adanya Keputusan Menteri (Kepmen) Perhubungan yang dikeluarkan pada 12 Oktober 2017 yang mengatur masa pemberlakuan dan jumlah tarif tersebut.

Dalam kepmen tersebut ditentukan operasionalnya tujuh hari setelah peresmian. "Sedangkan biayanya dikenakan Rp981 per kilometer," katanya. [tar]

Komentar

 
x