Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 15 Desember 2017 | 13:15 WIB

Ini Alasan Inalum Bangun Smelter di Kaltara

Oleh : Uji Sukma Medianti | Sabtu, 14 Oktober 2017 | 04:09 WIB
Ini Alasan Inalum Bangun Smelter di Kaltara
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) serius membangun unit pengolahan dan pemurnian mineral mentah (smelter) di Kalimatan Utara (Kaltara).

Direktur Operasi Inalum, Sahala Hasoloan Sijabat, menerangkan, alasannya karena Kaltara memiliki sumber daya air yang melimpah.

Kata Sijabat, sapaan akrabnya, terutama keberadaan Sungai Kayan, sangat menarik calon induk holding BUMN pertambangan itu untuk membangun smelter. "Potensi tenaga listrik yang dihasilkan dari Sungai Kayan bisa hingga 6.000 Megawatt (MW)," papar Sijabat di Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Angka itu lebih tinggi enam kali lipat dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang menjadi sumber listrik smelter Inalum di Kuala Tanjung, Sumatera Utara. "(Di Kaltara) ada sungai Kayan yang bisa (hasilkan listrik) 6.000 MW, potensi untuk menghasilkan energi listrik sangat luar biasa," terang Sijabat.

Meski kedua sungai itu mampu membuat 5 PLTA, namun, Sungai Asahan yang selama ini jadi sumber listrik di Kuala Tanjung, hanya mampu menghasilkan listrik sebesar 1.100 MW.

Disamping itu, lanjut dia, lahan di Kaltara juga cocok untuk industri. Pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi untuk mengakuisisi lahan 800 hektar diatas smelter itu.

Pada tahap pertama, smelter bakal menampung 500.000 ton aluminium, yakni bahan untuk diolah pada smelter alumina. Nantinya, hasil olahan itu tidak hanya menghasilkan alumunium ingot saja tetapi juga bilet, aloy dan turunan alumina lainnya. [ipe]

Komentar

 
x