Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 15 Desember 2017 | 13:29 WIB

Indonesia Boleh Kuasai Mineral Dunia, Tetapi...

Oleh : Uji Sukma Medianti | Sabtu, 14 Oktober 2017 | 15:16 WIB
Indonesia Boleh Kuasai Mineral Dunia, Tetapi...
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Direktur PT Inalum (Persero) Budi Gunadi Sadikin menyebut, cadangan mineral dunia dikuasai Indonesia. Sayangnya, tidak menghasilkan value creation yang maksimal.

Kenyataan itu, kata BGS, sapaan akrabnya, menjadi alasan kuat bagi pembentukan holding BUMN tambang.

Dia mengatakan, pengelolaan mineral di Indonesia tidak maksimal. Padahal, mineral adalah salah satu energi yang tidak dapat diperbaharui.

Setelah membentuk holding, langkah selanjutnya yang harus diambil adalah menguasai cadangan itu. "Caranya dengan melakukan akuisisi (cadangan) yang ada sekarang, baik yang mau dijual atau memang yang jatuh tempo," jelas BGS di kantornya, Jakarta, Jum'at (13/10/2017).

Dalam hal ini, kata BGS, sudah menjadi amanat UU bagi kontrak yang jatuh tempo untuk dikembalikan lagi ke negara. Disamping, melakukan eksplorasi baru.

Untuk mencapai itu, BGS menargetkan terbentuknya holding BUMN akhir 2017. "Kita menargetkan tahun ini selesai,kita harapkan tahun ini selesai desember sekitar 45 hari mundur November pertenghan minggu ke 3 itu sudah diumumkan di publik. Kalau minggu ke 3 di umunkan ke publik, PP-nya kita harapkan bulan Oktober," jelas BGS;. [ipe]

Komentar

 
x