Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 November 2017 | 00:58 WIB

Neraca Surplus, Ekspor-Impor Lesu di September

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Senin, 16 Oktober 2017 | 12:40 WIB
Neraca Surplus, Ekspor-Impor Lesu di September
(Foto: Inilahcom/Fadil Djailani)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia pada bulan September 2017 mengalami surplus sebesar US$1,76 miliar.

Angka surplus tersebut didapat dari nilai ekspor yang mencapai US$14,54 miliar dan impor yang mencapai US$12,78 miliar sepanjang bulan tersebut.

Kepala BPS Kecuk Suhariyanto mengungkapkan neraca dagang ini lebih baik ketimbang neraca dagang bulan sebelumnya yang mencatatkan nilai surplus US$1,72 miliar.

"Surplus ini masih lebih tinggi sedikit dibandingkan bulan lalu," kata Kecuk saat jumpa pers di Kantornya, Senin (16/10/2017).

Namun kata Kecuk nilai ekspor dan impor Indonesia sepanjang bulan tersebut mengalami kontraksi atau penurunan nilai. Nilai ekspor mengalami penurunan 4,51% sementaran nilai impor juga turun 5,31% ketimbang bulan lalu.

"Jadi kalau dilihat polanya, saya yakin penurunan ekspor ini karena faktor musiman yang nanti kami harap ekspor akan meningkat di bulan-bulan berikutnya dan akan mencapai puncaknya di bulan Desember," paparnya.

Lebih lanjut Kecuk menjelaskan, kinerja ekspor dan impor bulan ini dipengaruhi oleh sejumlah harga komoditas nomigas yang mengalami penurunan. Namun juga ada yang mengalami peningkatan.

Beberapa harga komoditas yang mengalami penurunan, yaitu kopra, kayu, dan jagung. Sementara beberapa harga komoditas yang mengalami peningkatan yaitu batubara, minyak kelapa sawit, minyak kernel, alumunium, minyak kedelai, dan seng.

Dengan perkembangan ini maka surplus neraca dagang Januari-September 2017 mencapai US$10,87 miliar, jauh lebih tinggi dari periode yang sama tahun 2016 yang hanya sebesar US$6,41 miliar. Bahkan surplus tahun ini telah melampaui surplus sepanjang 2016 yang tercatat sebesar US$9,53 miliar. [jin]

Komentar

 
Embed Widget

x