Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 06:08 WIB

3 Tahun Jokowi-JK

Investasi Gemuk Aturan Bikin Frustasi Pemodal

Oleh : M Fadil Djailani | Selasa, 17 Oktober 2017 | 16:54 WIB
Investasi Gemuk Aturan Bikin Frustasi Pemodal
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Trikasih Lembong - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Rumitnya perizinan dan peraturan, masih menjadi pekerjaan rumah besar bagi pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Banyak investor mengeluhkan soal ini.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Trikasih Lembong bilang, masalah tersebut cukup bikin investor dan pengusaha, geleng-geleng kepala dan frustasi.

"Menjalankan usaha di Indonesia, frustrasinya masih lebih banyak dibanding di negara lain," kata Thomas dalam acara pencapaian 3 tahun Jokowi-JK di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Kebiasaan buruk aparat negara, kata Tom, sapaan akrabnya, masih menjadi hambatan. Lantaran, masih banyak perihal yang seharusnya tidak perlu diatur, malah mengatur. Sehingga bikin sulit para calon investor tersebut.

"Kita lebih senang membelit, mengatur apa yang seharusnya tidak diatur. Harusnya realistis mengatur yang perlu diatur, jangan buang-buang waktu buat itu," tegas mantan menteri perdagangan itu.

Dia lebih jauh mengungkapkan, persoalan data dan koordinasi antar Kementerian/Lembaga dan pemerintah daerah (pemda) juga kerap dikeluhkan investor.

"Izin banyak, tapi tidak ada isi, hanya formalitas sehingga jadi sering menghambat. Termasuk data dan koordinasi yang sering bikin frustrasi investor," ucap Tom.

Oleh karena itu, BKPM akan terus melanjutkan reformasi karena masih banyak sekali pekerjaan rumah. Antara lain, layanan, izin investasi 3 jam di PTSP Pusat, Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KLIK), dan percepatan proses pabeanan impor barang modal. [ipe]

Komentar

 
x