Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 09:11 WIB

3 Tahun Jokowi-JK

Leadership Jokowi di Mata Tom Lembong

Oleh : M Fadil Djailani | Selasa, 17 Oktober 2017 | 18:30 WIB
Leadership Jokowi di Mata Tom Lembong
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong punya pandangan beda soal kepemimpinan (leadership) Presiden Joko Widodo.

Di mata Tom, sapaan akrabnya, leadership Jokowi tidak dimiliki oleh para pendahulunya.

Ambil contoh, kata Tom, soal investasi. Di mana, Jokowi membuat concern yang cukup baik. Berbagai kebijakan yang luar biasa bertujuan untuk memudahkan izin investasi agar tidak berbelit, dengan mudahnya dikeluarkan. Orientasinya hanya untuk mendorong masuknya investasi.

Tom menilai, langkah Jokowi ini, sangat fantastis. Alhasil, ketika paket kebijakan ekonomi djilid pertama menyinggung soal penyederhanaan aturan langsung direspons positif oleh kalangan pengusaha.

Yang paling diingat Tom, dalam waktu sekejab, lembaga rating internasional menempatkan Indonesia sebagai negara paling layak investasi. "Ini sebuah capaian luar biasa selama 20 tahun ekonomi naik 3 kali lipat, tidak membuat lembaga pemeringkat memberikan nilainya," kata Tom dalam capaian 3 tahun Jokowi-JK di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Tom benar adanya. Lembaga pemeringkat internasional yang dimaksud adalah Standard & Poor's (S&P), menaikkan peringkat Indonesia menjadi layak investasi atau Investment Grade pada 19 Mei 2017.

Selain itu, S&P memberikan afirmasi atas Sovereign Credit Rating Republik Indonesia pada level BBB- atau stable outlook.

Beberapa faktor kunci yang mendukung penilaian tersebut, kata Tom, adalah beban utang pemerintah yang rendah, prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik, dan eksposur pemerintah yang terbatas atas risiko sektor perbankan. "Hanya di pemerintahan Jokowi-JK S&P berikan nilainya," kata mantan Menteri Perdagangan ini. [ipe]

Komentar

 
x