Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 14 Desember 2017 | 17:02 WIB

Mandiri Finspire 2017

Inilah Alasan Bank Perlu Kolaborasi dengan Fintech

Oleh : Uji Sukma Medianti | Kamis, 19 Oktober 2017 | 17:27 WIB
Inilah Alasan Bank Perlu Kolaborasi dengan Fintech
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Sistem digital yang tumbuh pesat, membuat Bank Mandiri harus menyempernakan sistem digitalisasi perbankan.

Nah, untuk mengeluarkan fitur digital yang baru, bank perlu regulasi atau izin dari Bank Indonesia serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal inilah yang membuat Bank Mandiri merasa perlu menggandeng perusahaan financial technology (fintech) untuk menciptakan inovasi-inovasi di bidang perbankan.

SVP Government Program Grup Bank Mandiri, Rahmat Broto Aji, menerangkan, fintech tidak bisa dijadikan sebagai pesaing tetapi
adalah partner kolaborasi. "Fintech mungkin satu-dua minggu bisa keluarkan fitur baru sementara bank harus penuhi banyak ketentuan bisa 1-2 bulan," terang Rahmat dalam acara Finspire 2017,di Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Disamping itu, kata Rahmat, jika dihitung dari jumlah customer bank jelas memiliki jumlah yang besar sementara fintech masih sedikit. Karena memiliki jumlah customer yang besar, inovasi bank di bidang digital menjadi sedikit sementara fintech tengah gencar-gencarnya. "Begitupun dengan pengembangan, bank punya funding yang banyak tapi waktunya tidak, sementara fintech sebaliknya," tuturnya.

Untuk itu, kata Rahmat, penting bagi bank dan fintech untuk berkolaborasi sebab bisa jadi di tahun-tahun yang akan datang nilai capital dari fintech bisa besar seperti bank. "Bagaimana kita bisa sinergi kita kasih infrastruktur kita supaya bisa kerja sama dan Bank Mandiri bisa dapat pengalaman dari mereka,"tuturnya. [ipe]

Komentar

 
Embed Widget

x