Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 14 Desember 2017 | 17:09 WIB

Harapan Jonan untuk Industri Motor Listrik

Oleh : Uji Sukma Medianti | Jumat, 20 Oktober 2017 | 06:09 WIB
Harapan Jonan untuk Industri Motor Listrik
Menteri ESDM Ignasius Jonan - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri ESDM Ignasius Jonan meminta pabrikan motor listrik untuk membanderol produknya dengan harga yang kompetitif. Ya, jangan mahal-mahal amatlah.

Jonan mengatakan itu saat menerima tim produsen motor "Gesits" di Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Jakarta, Kamis (19/10/2017).
Mungkin karena penasaran, Jonan menyempatkan untuk berkeliling halaman Kantor KESDM dengan sepeda motor listrik. "Prototipe motor listrik produk WIKA dan Tim ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya) ini sudah bagus. Saya menyarankan jika sudah diproduksi secara massal nanti kalau bisa harga jualnya itu dapat bersaing dengan motor yang menggunakan bahan bakar minyak," kata Jonan.

Jonan menuturkan, emisi yang dikeluarkan motor listrik ini sangat rendah. "Enggak ada mesinnya, hanya ada battery dan sistem transmisinya saja, pengapian enggak ada jadi perawatannya pasti murah sekali," jelas Jonan.

Motor listrik merk Gesits yang diuji coba langsung Jonan dan Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar ini, kandungan lokalnya mencapai 90%. Sehingga harganya bisa setara dengan motor berbahan bakar minyak. Atau berada di kisaran Rp15 hingga Rp20 juta.

Sementara itu, CEO PT Gesit Teknologies Indo, Muhammad Al Abdullah mengatakan siap bersaing di pasaran. "Kami tidak memerlukan insentif-insentif yang aneh-aneh, biarkan kami bersaing di pasar secara independen karena kami yakin bahwa edukasi masyarakat Indonesia sudah cukup luas untuk masalah teknologi dan mereka juga memahami bahwa kendaraan listrik sudah menjadi suatu kebutuhan yang mutlak," ujar Abdullah. [ipe]

Komentar

 
Embed Widget

x