Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 06:07 WIB

3 Tahun Jokowi, Fadli Curiga Infrastrukturnya

Oleh : - | Sabtu, 21 Oktober 2017 | 05:29 WIB
3 Tahun Jokowi, Fadli Curiga Infrastrukturnya
Wakil Ketua DPR Fadli Zon - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengkritik gencarnya Presiden Joko Widodo membangun infrastruktur di daerah. Di mana, industri pendukung tak bergerak dan pengangguran masih tinggi.

"Pembangunan infrastruktur seharusnya mempunyai multiplier effect dan trickle down effect, multiplayer efek setidaknya terhadap 20 sub sektor mulai dari industri besi, industri semen, baja hingga perbankan, itu mestinya," papar Fadli dalam sebuah diskusi di persroom DPR, Jakarta, Jumat (20/10/2017).

Dari sektor industri logam dasar, kata politisi Gerindra ini, justru terjadi pertumbuhan minus 3,06% di Kuartal I-2017. "Kalau tumbuh di bawah 1% adalah sebuah keanehan di tengah maraknya insfrastruktur. Bagaimana bisa industri logam dasar tumbuh negatif," paparnya.

Anak buah Prabowo ini mempertanyakan konsumsi semen nasional selama Januari-Juni 2017 turun 1,3%. Dari 29,4 juta ton menjadi 28,9 juta ton. Artinya, proyek infrastruktur yang dicanangkan rezim Jokowi-JK tidak mendongkrak serapan semen nasional.

"Pertanyaannya, dari mana semen untuk membangun infrastruktur yang katanya gencar? Dari mana pula besi dan tembaga yang diperlukan untuk kerangka jembatan, jalan tol, rel kereta api. Masak impor," tegasnya.

Soal tenaga kerja, dirinya menyebut adanya penurunan serapan pekerja sektor konstruksi dari 8,2 juta orang di 2015 menjadi 7,98 juta orang di 2016. Artinya, terjadi pengurangan penyerapan tenaga kerja sebanyak 230.000 orang di sektor konstruksi. "Jadi tenaga kerja atau buruh yang diserap oleh pembangunan infrastruktur itu dari mana. Jangan-jangan impor juga," papar Fadli. [ipe]

Komentar

 
x