Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 09:10 WIB

Rini Harap KEK Mandalika Hidupkan Ekonomi NTB

Oleh : Uji Sukma Medianti | Sabtu, 21 Oktober 2017 | 06:09 WIB
Rini Harap KEK Mandalika Hidupkan Ekonomi NTB
Menteri BUMN Rini Soemarno - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri BUMN Rini Soemarno berharap Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, bisa membangun daya saing ekonomi masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Saya ucapkan selamat atas beroperasinya KEK Mandalika NTB. Tentunya kehadiran KEK ini bisa membawa dampak bagi peningkatan perekonomian masyarakat sekitar dan di wilayah Nusa Tenggara umumnya, " kata Rini dalam keterangan resmi kepada media di Lombok, Jum'at (20/10/2017).

Rini berharap, beroperasinya KEK Mandalika akan diikuti dengan KEK lainnya yang telah ditetapkan pemerintah. Hingga Oktober 2017, tercatat empat KEK yang beroperasi yaitu KEK Sei Mangkei, KEK Tanjung Lesung, KEK Palu dan KEK Mandalika.

Enam KEK lainnya, yaitu KEK Bitung, Maloy Batuta, Tanjung Api-api, Tanjung Kelayang, Morotai dan Sorong masih dalam proses pembangunan. Untuk bisa beroperasi, setiap KEK harus memenuhi tiga kriteria kesiapan yaitu lahan dan infrastruktur kawasan, kelembagaan serta sumber daya manusia dan perangkat pengendalian administrasi.

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer menambahkan, pihaknya optimistis KEK Mandalika akan mampu membawa multiplier effect perekonomian yang besar bagi masyarakat NTB khususnya masyarakat sekitar kawasan.

Sejak ITDC melakukan pembangunan infrastruktur secara intensif di zona inti kawasan, sedikitnya ada 10 unit usaha baru berbentuk homestay, resto, cafe, dan toko retail memulai usaha di zona Barat kawasan.

Jumlah ini diyakini masih akan bertambah sejalan dengan kegiatan pengembangan kawasan dan proyek yang berlangsung.

Secara bertahap, diyakini dalam lima tahun ke depan, KEK Mandalika diperkirakan akan mampu menyerap hampir 5000 tenaga kerja lokal. "Kami berterima kasih atas dukungan semua pihak sehingga peresmian operasionalisasi KEK Mandalika sebagai perwujudan pembangunan Indonesia dari pinggiran dapat terlaksana," tutup Abdulbar. [ipe]

Komentar

 
x