Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 15 Desember 2017 | 13:12 WIB

BPJT: 12% Pengguna Jalan Tol Masih Bayar Cash

Oleh : M Fadil Djailani | Senin, 23 Oktober 2017 | 13:41 WIB
BPJT: 12% Pengguna Jalan Tol Masih Bayar Cash
Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry T. Zuna - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry T. Zuna mengatakan hingga saat ini persentase penggunaan pembayaran tol non-tunai secara nasional sudah mencapai 88%.

Itu berarti pengguna tol yang masih membayar dengan uang cash sekitar 12%. Herry pun optimis pada sampai 31 Oktober 2017 semua pengguna jalan tol sudah menggunakan transaksi elektronik. "Ini data 20 Oktober 2017. Posisi hari ini mestinya sudah lebih besar lagi," kata Herry di Gedung BI, Jakarta, Senin (23/10/2017).

Menurut Herry pembayaran tol dengan uang elektronik ini paling banyak dari wilayah Jabotabek dengan porsi mencapai 92%, dan non Jabotabek 79% dan luar Jawa 74%.

Tak hanya itu, untuk memudahkan para pengguna jalan tol yang ingin mengisi ulang kartu tolnya, dirinya juga sudah menyiapkan tempat untuk melakukan isi ulang di pintu gerbang tol, sehingga lebih memudahkan para pengguna jalan tol.

"Itu tadi top up di gardu ini kan dilematis. Kita taruh (mesin top up), bikin antrean. Tapi kebutuhan yang banyak itu perlu kita tanggapi terutama di masa transisi seperti sekarang. Kita akan tambah fasilitas top up. Tapi imbau top up itu di luar," katanya.

Bahkan, Herry mendorong perbankan agar kartu uang elektronik tidak hanya dilayani di merchant semacam Indomaret dan Alfamart, melainkan juga di pom bensin. "Pom bensin juga kami imbau, karena mobil pasti ke pom bensin. Bank kerja sama dengan pom bensin punya fasilitas top up-nya," kata dia. [hid]

Komentar

 
x