Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 09:13 WIB

Agus Marto Pede Inflasi 2017 Bisa Lampaui Target

Oleh : M Fadil Djaelani | Senin, 23 Oktober 2017 | 18:30 WIB
Agus Marto Pede Inflasi 2017 Bisa Lampaui Target
Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo sangat percaya diri (pede) dengan target inflasi dalam Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2017, sebesar 4% plus-minus 1%.

Hal tersebut dikatakan Agus saat ditanya soal capaian inflasi di minggu ke-3 Oktober 2017 yang mencapai 3,6%. "Iya, kelihatannya secara umum BI melihat inflasi 2017 dan 2018 itu sesuai target BI. Dan, untuk 2017, itu 4 plus minus 1% dan sekarang inflasi itu ada kecenderungan ke bawah 4%," kata Agus saat ditemui di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (23/10/2017).

Agus bilang, inflasi sejauh ini masih sejalan dengan target APBN-P 2017. Tidak tertutup peluang bagi inflasi tahunan bisa di bawah 4%. "Potensi lebih baik dari pada target yang kita tetapkan. Maksud saya lebih baik dari titik tengah target yang kita targetkan," kata mantan Menteri Keuangan era SBY ini.

Agus mengakui dirinya percaya diri akan realisasi inflasi bisa melampaui target yang digariskan pemerintah. Alasannya, harga kebutuhan pokok terkendali, sehingga volatilitas harga tidak begitu dalam di tahun ini.

"Terutama karena pemerintah dalam arti pemerintah pusat dan daerah sudah berkoordinasi untuk lebih baik dlm mengelola volatile foods. Tetapi pemerintah juga sudah jelas menginformasikan sejumlah rencana adanya penyesuaian adminstered prices, misalnya penyesuaian listrik, penyesuaian BBM. Itu yang tidak dilaksanakan thn 2017 jadi ini membuat kepastian tentang postur inflasi Indonesia," kata Agus. [ipe]


Tags

Komentar

 
x