Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 14 Desember 2017 | 17:09 WIB

Ternyata, Sri Mulyani Serius Memikirkan Jamban

Oleh : M Fadil Djailani | Selasa, 24 Oktober 2017 | 12:10 WIB
Ternyata, Sri Mulyani Serius Memikirkan Jamban
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bilang, cermin kemiskinan bisa bermacam-macam. Salah satunya, ketiadaan atau minimnya kualitas sanitasi hingga jamban yang layak untuk masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Sri Mulyani saat menjadi pembicara kunci dalam acara Hari Oeang bertemakan Kerja Nyata Membangun Negeri di Auditorium Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (24/10/2017).

Menurut Sri Mulyani, pembangunan infra0struktur tidak hanya berbentuk pembangunan fisik, seperti jalan tol, pelabuhan dan bandara. Namun juga pembangunan infrastruktur sosial, seperti sanitasi.

"Dalam keseharian di mana fungsi infrastruktur begitu penting bagi kehidupan manusia. Kita bangun pagi. Saya yakin, hampir seluruhnya yang di sini, bangun tidur langsung ke kamar kecil. Kalau 257 juta manusia bangun tidur semuanya ke kamar kecil, maka persoalan sanitasi dan air bersih, menjadi persoalan penting," kata Sri Mulyani.

Kesimpulan Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, masalah sanitasi tidak bisa dianggap sepele. Bahkan, sejumlah negara masih mengalami buruknya sanitasi. Salah satu yang mengemuka adalah India.

"Di India, orang yang buang air kecil dan besar itu, secara terbuka. Sehingga kualitas sanitasi di sana, sangat rendah. Padahal itu kegiatan yang sangat pribadi. Jadi, itu fact of issue sanitasi," kata Sri Mulyani.

"kalau Jakarta mungkin tak ada masalah ini. Namun di daerah lain, sanitasi dan air bersih masih menjadi persoalan. Jadi, infrastruktur is not a hobby. Infra adalah hajat manusia yang punya martabat," ujar Sri Mulyani. [ipe]

Komentar

 
Embed Widget

x