Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 19 Oktober 2018 | 17:17 WIB

Tahun Ini, Bos Mandiri Batasi NPL 3,5%

Oleh : M Fadil Djailani | Rabu, 25 Oktober 2017 | 04:30 WIB

Berita Terkait

Tahun Ini, Bos Mandiri Batasi NPL 3,5%
Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo memasang target Non Performing Loan (NPL) atau kredit bermasalah di bawah 3,5% hingga akhir tahun.

"Untuk akhir tahun kami optimis bisa menjaga (NPL) di 3,5%, bukan 3%. Kalau 3% itu mungkin tahun depan. Itu dari sisi penurunan kredit bermasalah. Sedangkan untuk pertumbuhan kredit harus lebih kenceng, nanti kan pembaginya meningkat," kata Tiko, sapaan akrab Kartika di Kantor Pusat Bank Mandiri, Jakarta, Selasa (24/10/2017).

Kata Tiko, ada dua sektor kredit yang menyumbang NPL di Bank Mandiri. Yakni sektor komersial dan Small Medium Enterprise (SME) yang tumbuh negatif. "Cukup banyak right off yang kita lakukan cukup menyebar memang ada di kontraktor, oil and gas di bidang baja paper plastic," papar Tiko.

Tiko pun optimistis, tahun depan, Bank Mandiri bisa menekan laju kredit macet hingga 3%. Melihat kondisi perekonomian yang cenderung lebih baik.

"Kita juga cukup yakin dari sisi siklus ekonomi yang kita alami kemarin hampir mencapai ujungnya dan kita optimis tahun depan peningkatan NPL sudah bisa cukup terkendali dan kita harapkan tahun depan bisa tumbuh lebih normal," ujar Tiko. [ipe]

Komentar

x