Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 20:54 WIB

Tahun Depan, Kapal Cruiser Bisa Masuk Pulau Dewata

Oleh : Dewa putu sumerta | Senin, 30 Oktober 2017 | 00:39 WIB
Tahun Depan, Kapal Cruiser Bisa Masuk Pulau Dewata
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jimbaran - Pelabuhan Benoa, Denpasar, berbenah cepat agar bisa dilabuhi kapal Cruise berkapasitas 5 ribu penumpang. Agar semakin banyak wisatawan bisa masuk ke Pulau Dewata.

Kalau tak ada aral, Senin (30/10/2017), alur dan kolam marina di Pelabuhan benoa, diperdalam hingga mencapai 14 meter. Pengerjaannya ditargetkan rampung selambat-lambatnya Oktober 2018.

Hal tersebut diungkapkan CEO Pelindo III, IGN Askhara Danadiputra usai kegiatan bertajuk "BUMN Hadir di Kampus" di Rektorat Universitas Udayana (Unud), Jimbaran, Sabtu (28/10/2017). "Kami juga akan bangun terminal yang bisa menampung lima ribu orang, karena bertepatan dengan hajatan internasional IMF dan World Bank yang akan digelar di Bali," kata Askhara.

Agar bisa dilabuhi kapal Cruise berkapasitas 5 ribu penumpang, Askhara menyebut, alur dan kolam Marina di Pelabuhan Benoa diperdalam hingga 14 meter. Biaya pengerjaannya diperkirakan mencapai Rp 1 triliun. Sementara anggaran pengembangan Pelabuhan Benoa sebesar Rp1,7 triliun.

"Sisanya yang Rp700 miliar digunakan untuk pembangunan gate dan terminal. Pengerjaannya sudah akan dimulai Senin depan dengan memperdalam alur, dan ditargetkan selesai dalam enam bulan," ungkap Askhara.

Askhara menjelaskan, pengembangan pembangunan Pelabuhan Benoa untuk jangka panjang juga akan dibangun marina, hall convention center serta art center yang diperkirakan menghabiskan dana sebesar Rp 5 triliun.

"Waktunya ditarget 5 sampai 7 tahun. Untuk infrastruktur dasar dananya berasal dari Pelindo III, tapi kami tidak menutup kemungkinan mengundang investor untuk hall cenvention center dan art center," kata Askhara. [ipe]

Komentar

 
x