Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 09:11 WIB

Proyek KA Bandara Soeta Batal, Dicoret dari PSN

Oleh : M Fadil Djaelani | Senin, 30 Oktober 2017 | 15:59 WIB
Proyek KA Bandara Soeta Batal, Dicoret dari PSN
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Dalam rapat koordinasi terkait percepatan penyediaan infrastruktur prioritas, pemerintah akan mencabut satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dalam daftar. Proyek apakah itu?

Proyek yang dimaksud adalah proyek kereta ekspres bandara, moda transportasi alternatif menuju Soekarno-Hatta International Airport (SHIA), atau Bandara Soekarno-Hatta (Soeta).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, potensi dikeluarkannya proyek pembangunan kereta ekspres Bandara Soeta dari daftar PSN, lantaran belum tuntasnya pembahasan terkait proyek ini. "Berkaitan dengan kereta api ekspres line SHIA, itu kita bahas lagi kita minta waktu 2 minggu untuk menetapkan apakah ini masuk masuk PSN atau tidak," kata Budi usai rakor di Kantor Kemenko Ekonomi, Jakarta, Senin (30/10/2017).

Sayangnya, Budi tidak bilang alasan yang lebih detail, mengapa proyek kereta bandara bakal dikeluarkan dari daftar PSN. "Mau dikeluarkan dari PSN. Jadi kita minta waktu 2 minggu," katanya.

Rencana ini, kata Budi Karya, merupakan usulan atau ide yang telah ada. Dirinya mengaku ide ini berasal dari Kementerian Perhubungan di era sebelumnya. Oleh sebab itu, saat ini pihaknya masih mengkaji lebih lanjut. "Usulan dari Kemenhub yang lama. Jadi kita akan meninjau lagi, atau tidak," katanya.

Asal tahu saja proyek kereta ekspres bandara merupakan pembangunan moda transportasi alternatif menuju Soekarno-Hatta International Airport (SHIA). Pada tahun 2013, Menteri Perhubungan kala itu E.E Mangindaan telah menetapkan trase Kereta Ekspres SHIA senilai Rp24,5 triliun ini melalui Halim-Halim-Manggarai-Dukuh Atas-Tanah Abang-Pluit-Bandara Soeta.[ipe]

Komentar

 
x