Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 November 2017 | 00:53 WIB

Beda Angka PDB Antara Agus Marto dan Sri Mulyani

Oleh : M Fadil Djailani | Selasa, 31 Oktober 2017 | 16:30 WIB
Beda Angka PDB Antara Agus Marto dan Sri Mulyani
Gubernur BI Agus Martowardojo dan Menkeu Sri Mulyani Indrawati - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Dua pejabat negara berbeda pandangan terkait pertumbuhan ekonomi nasional di kuartal III-2017. Lalu siapakah yang benar?

Adalah Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang berbeda pendapat soal pertumbuhan ekonomi atau Produk Domestik Bruto (PDB) triwulan III-2017.

Di mana, Agus Marto mematok angka pertumbuhan 5,18%, semenetara Sri Mulyani lebih tinggi lagi. "Kita ekspektasinya di kuartal III dan IV ini akan meningkat, lebih tinggi lagi dari 5,18%," kata Sri Mulyani di Kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (31/10/2017).

Sri Mulyani bilang, apabila pertumbuhan ekonomi di kuartal IV-2017, sebesar 5,18%, tentunya target PDB berdasarkan APBNP 2017 sebesar 5,2%, bakal meleset. Karena, angka pertumbuhan di kuartal I dan II masing-masing 5,01%. "Kita ingin lebih dari itu, jika mendekati 5,4% (PDB kuartal III). jadi secara total pertumbuhan tahun ini akan di sekitar 5,17% seperti itu. kita jaga saja momentumnya," kata Sri Mulyani.

Wajarlah apabila Sri Mulyani berharap, pertumbuhan kuartal III dan IV bisa lebih baik. Sehingga target pertumbuhan ekonomi bisa tercapai. Khususnya apabila penerimaan pajak bisa optimal. "Seluruh tahun ini, komposisi di kuartal I dan II kan masih 5%, nanti di kuartal III dan IV mengharapkan mulai meningkat, itu terefleksikan ke penerimaan pajaknya," katanya. [ipe]

Komentar

 
Embed Widget

x