Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 November 2017 | 00:55 WIB

BKPM Keluhkan Sulitnya Kemudahan Berbisnis

Oleh : Uji Sukma Medianti | Rabu, 1 November 2017 | 12:10 WIB
BKPM Keluhkan Sulitnya Kemudahan Berbisnis
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Trikasih Lembong - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Trikasih Lembong, menyebut peningkatan Easy of Doing Business (EODB) bakal makin sulit ke depannya.

Dalam konferensi pers di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Thomas menuturkan, bila kesadaran negara-negara lain terhadap kemudahan investasi di negaranya makin tinggi. Hal ini semakin memperketat persaingan investasi.

"Peningkatan EODB ke depan makin sulit karena banyak negara menyadari kalay EODB di negaranya juga penting," kata Thomas di Kemenko Bidang Perekonomian, Rabu (1/11/2017).

Salah satu contohnya adalah India. Kata Lembong peringkat kemudahan bisnis India sudah naik 30 peringkat dari 130 menjadi 100 dalam kurun waktu satu tahun. "Jadi persaingan dari negara-negara lain untuk peningkatan meraih ranking tinggi EODB sengit," kata dia.

Namun begitu, Thomas tetap mengapresiasi langkah tim ekonomi Kabinet Kerja yang lebih baik. Di samping itu juga BKPM akan membuka sosialisasi kepada responden di dua kota yakni Jakarta dan Surabaya.

"Kita juga harus pastikan bila responden mengerti bahwa jawaban mereka akurat dan penting dalam menaikkan ranking EODB," terangnya. [hid]

Komentar

 
x