Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 04:54 WIB

Jelang Natal dan Tahun Baru

Pemerintah Amankan Pasokan Pangan di Wilayah Ini

Oleh : - | Kamis, 2 November 2017 | 18:09 WIB
Pemerintah Amankan Pasokan Pangan di Wilayah Ini
Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Mengantisipasi kenaikan harga pangan menjelang Natal dan Tahun Baru 2018, pemerintah bertekad mengamankan stok di wilayah Indonesia tengah dan timur.

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita menyebut, pemerintah memiliki perlakuan yang berbeda-beda terhadap setiap wilayah yang potensi gejolak harganya akan naik menjelang Natal dan Tahun Baru 2018. "(Tiap) Provinsi pun berbeda. Mulai dari Papua, Papua Barat, Sulawesi Utara, dan Maluku," kata Enggar di kantornya, Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (2/11/2017).

Enggar memrediksi, kenaikan harga pangan Jelang Natal dan Tahun Baru 2018, tidak akan setajam pada Lebaran. Akan tetapi, gejolak harga di wilayah barat Indonesia pun tidak dapat terelakkan juga karena terimbas libur panjang. "Kita berikan perhatian khusus. Tapi daerah wisata seperti Bali, Jawa juga tetap kita lihat karena ada liburan," jelas Enggar, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Tugas (Satgas) Pangan, Setyo Wasisto, menerangkan, berkaca pada Natal dan Tahun Baru 2015, terjadi kemacetan panjang di Pulau Jawa saat natal yang tidak terprediksi sebelumnya sehingga membuat truk yang membawa bahan pangan dan kendaraan pribadi menjadi tersendat.

Alhasil, kelangkaan stok terjadi akibat dari terganggunya distribusi. Karena itu, pihak kepolisian akan tetap memantau lokasi Pulau Jawa dan Bali dengan memantau terus rantai distribusi. Tim Satgas Pangan sedianya bakal melakukan pengamanan pasokan pangan mulai 1 Desember 2017 hingga 10 Januari 2018. [ipe]

Komentar

 
x