Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 09:10 WIB

Bea Cukai Bongkar Modus Pencucian Uang

Oleh : Uji Sukma Medianti | Jumat, 3 November 2017 | 08:47 WIB
Bea Cukai Bongkar Modus Pencucian Uang
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan, Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) dan Kejaksaan Agung membongkar modus penyelewengan fasilitas kepabeanan PT SPL.

PT SPL merupakan salah satu perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat yang mendapatkan penangguhan Bea Masuk (BM) atas bahan yang diimpor untuk diolah di dalam negeri dan diekspor kembali.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menerangkan, penyidik Bea dan Cukai telah menetapkan tersangka tindak pidana kepabeanan kepada FL sebagai Direktur Utama dan BS sebagai Direktur Keuangan.

"Selanjutnya, penyidik Bea&Cukai menetapkan FL dalam Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan melakukan penyitaan terhadap sejumlah aset berupa 16 rekening senilai lebih dari Rp6,7 miliar, tanah dan bangunan dengan luas tanah 7.693 meter dengan pembelian Rp23 miliar," kata Sri Mulyani di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (2/11/2017).

Selain itu, Bea&Cukai juga menyita mesin tekstil dengan nilai pembelian Rp50 miliar, satu unit apartemen dengan nilai pembelian Rp700 juta dan polis asuransi senilai lebih dari Rp1 miliar.

Sri Mulyani menambahkan terkait penyidikan perkara tindak pidana kepabeanan dan TPPU PT SPL telah dinyatakan lengkap sehingga selanjutnya barang bukti dan tersangka diserahkan kepada Kejaksaan Negeri Bandung untuk diproses sesuai dengan ketentuan hukum lebih lanjut. [hid]

Tags

Komentar

 
x