Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 06:08 WIB

Tol Becakayu Pangkas Waktu Tempuh Jakarta-Bekasi

Oleh : Uji medianti | Jumat, 3 November 2017 | 15:10 WIB
Tol Becakayu Pangkas Waktu Tempuh Jakarta-Bekasi
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo baru saja meresmikan Tol Becakayu Seksi 1A dan 1B. Proyek ini diambil alih PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) yang sahamnya dimiliki PT Waskita Karya dan PT Jasa Marga.

Jalan tol Becakayu Seksi 1 terbentang sepanjang 11,9 km sedangkan seksi-2 sepanjang 4,1 kilometer, dan seksi-3 sepanjang 7,8 km. Pada awal November 2017, dioperasikan adalah ruas Cipinang Melayu-Pangkalan Jati-Jakasampurna.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, menerangkan, jalan tol becakayu diharap mampu melengkapi sistem jaringan tol di Jabodetabek.

Sementara Direktur Utama KKDM, Herwidiakto mengatakan total panjang tol Becakayu dari Kampung Melayu Timur-Bekasi-Tambun adalah 23,76 kilometer. "Apabila selama ini waktu tempuh dari kota Bekasi yang menuju Jakarta sekitar dua jam perjalanan, tapi dengan adanya tol Becakayu akan mempersingkat waktu tempuh jadi sekitar satu setengah jam perjalanan," kata dia di Jakasampurna, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (3/11/2017).

Sebelum digarap Waskita, tol Becakayu adalah proyek milik swasta yang mangkrak sejak 1998. Hal itu terjadi lantaran krisis ekonomi. Setelah diambil alih pada 2014, ditargetkan tol ini sudah bisa tersambung seluruhnya pada 2018. Agar tercipta konektivitas darat di wilayah Jabodetabek. [ipe]

Komentar

 
x