Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 November 2017 | 00:59 WIB

Apa Kabar Kendaraan Pedesaan Buatan Kemenperin?

Oleh : - | Sabtu, 4 November 2017 | 06:09 WIB
Apa Kabar Kendaraan Pedesaan Buatan Kemenperin?
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Perindustrian diberi wewenang untuk mengembangkan kendaraan pedesaan. Perkembangannya sudah dilakukan proses pengujian seperti pengujian teknis dan laik jalan,

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bilang, pengujian teknis dan laik jalan dilakukan dengan menggandeng kementerian perrhubungan. Sementara pengujian emisi dilakukan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan pengujian durability sampai 100 ribu kilometer.

"Kami juga mendesain kendaraan pedesaan yang multifungsi ini dengan menggunakan power take off (PTO) atau mesin kendaraan yang selain untuk penggerak kendaraan, bisa juga digunakan pula sebagai penggerak mesin pertanian dan hidrolik pengangkutan," kata Airlangga dalam rilis di Jakarta, Jumat (3/11/2017).

Airlangga menambahkan, pada 2016, sudah dikembangkan prototipe kendaraan untuk pendukung ketahanan pangan dengan membuat contoh produk kendaraan yang dapat berfungsi masing-masing sebagai perontok padi dan penggiling padi, serta kendaraan yang dapat berfungsi sebagai angkutan material (dump truck).

"Prototipe yang dihasilkan saat ini masih harus disempurnakan, baik dari desain bodi maupun performance. Dalam hal ini, Institut Otomotif Indonesia (IOI) bertugas menyempurnakan prototipe tersebut," ujarnya. [tar]

Komentar

 
x