Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 24 Januari 2018 | 12:53 WIB
 

Inilah Manfaat Tol Laut Versi Menko Luhut

Oleh : M Fadil Djailani | Sabtu, 4 November 2017 | 17:24 WIB
Inilah Manfaat Tol Laut Versi Menko Luhut
Menko Maritim, Luhut Binsar Pandjaitan - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menko Maritim, Luhut Binsar Pandjaitan memamerkan pencapaian yang telah diraih dari program Tol Laut.

"Tol laut bisa memelihara keseimbangan harga-harga sekitar 15%-20%. Kami membangun berdasarkan logistic base, dengan menciptakan gudang logistik di 34 tempat," papar Luhut dalam keterangan tertulis saat mengisi Kuliah Umum di Fakultas Hukum Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Sabtu, (4/11/2017).

Luhut bilang pentingnya andil transportasi laut dalam menggenjot potensi-potensi ekonomi yang ada. Oleh karenanya Luhut menyoroti bagaimana tingginya biaya pengolahaan dan belum lancarnya sarana kemaritiman khususnya di bidang transportasi kelautan Indonesia.

Luhut bercerita bahwa beberapa waktu lalu dia bertemu dengan Bupati Kepualaun Anambas. Bupati Anambas mengatakan kepada Luhut, kalau sedang musim ombak tinggi wilayah itu transportasinya terputus.

"Kapal tidak bisa ke sana, pesawat hanya ada seminggu sekali. Kita langsung berkoordinasi, saya minta tolong kepada Menhub (Menteri Perhubungan) untuk menambah frekuensi penerbangan dan kita bangun tanker untuk storage persediaan bensin untuk selama tiga bulan," katanya.

Selanjutnya Menko Luhut mengatakan dari potensi laut yang sudah dimanfaatkan, mayoritas masih terpusat di Pulau Jawa sebesar 58% dan Sumatera 22%. [hid]

Komentar

 
x