Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 06:07 WIB

Mahalnya Ongkos Membangun Jalur Ganda KA Sukabumi

Oleh : - | Selasa, 7 November 2017 | 19:08 WIB
Mahalnya Ongkos Membangun Jalur Ganda KA Sukabumi
(Foto: inilahcom/Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Sukabumi - Pembangunan jalur ganda kereta api (KA) rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung, perlu biaya lumayan besar. Dana pembangunannya mencapai Rp1,1 triliun.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada wartawan dalam acara Dialog Sinergi Membangun Bangsa Merangkai Konektivitas Selatan Jawa di Gedung Juang Kota Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (7/11/2017). "Untuk sementara dana yang telah disiapkan untuk pembangunan jalur ganda kereta api tersebut Rp200 miliar yang bersumber dari APBN," kata Budi.

Budi bilang, anggaran pembangunan jalur ganda KA yang cukup besar, bakal digelontorkan secara bertahap. Untuk tahap awal akan dimulai pada 2018. "saat ini, kami mulai melakukan pengecekan ke lokasi pembangunan di wilayah Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi," papar Budi.

Tahap awal, lanjut Budi, pembangunan jalur ganda difokuskan pada jalur KA Sukabumi-Bogor. Kemudian dilanjutkan Sukabumi-Cianjur dan terakhir Cianjur-Bandung.

Kemenhub, kata Budi, menargetkan pembangunan jalur ganda kereta api ini, rampung pada 2019. Sehingga bisa segera dioperasionalkan untuk membantu warga yang ingin bepergian, sekaligus bisa mengangkut barang khususnya pangan ke berbagai daerah. "Dengan adanya fasilitas jalur ganda kereta api ini juga turut membantu meningkatkan arus wisatawan untuk datang ke Sukabumi," tambahnya.

Budi mengatakan, Presiden Joko Widodo sangat memerhatikan pembangunan di wilayah Jabar selatan, khususnya Kota dan Kabupaten Sukabumi yang mempunyai potensi pariwisata, perdagangan, properti dan pangan.

Sehingga dengan semakin meningkatnya kualitas dan pelayanan di bidang insfrastruktur transportasi maka sudah pasti ekonomi di daerah ikut meningkat.

Di sisi lain, mantan Dirut Angkasa Pura (AP) II ini mengingatkan warga Sukabumi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya agar mampu bersaing dan mempunyai jiwa kompetensi.[tar]

Komentar

 
x