Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 09:14 WIB

KRPL Kunci KWT Cisarua Tak Pusing Cabai Mahal

Oleh : Willi Nafie | Rabu, 8 November 2017 | 20:05 WIB
KRPL Kunci KWT Cisarua Tak Pusing Cabai Mahal
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Bandung - Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan mengunjungi Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Kampung Panyandaan, Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (8/11/2017).

Adapun KRPL tersebut dikelola oleh sejumlah wanita yang berdomisili di lingkungan sekitar melalui Kelompok Tani Wanita (KWT). Sedangkan yang ditanam dalam kawasan KRPL ada 23 jenis sayuran dan 40 jenis tanaman obat keluarga.

Koordinator Kelompok Tani Wanita Kampung Panyandaan, Desi mengakui adanya KRPL mendatangkan keuntungan bagi para keluarga disekitar lingkungan itu. Sebab, mereka tak perlu merogoh kocek untuk membeli sayuran.

Sehingga uang dapat digunakan untuk keperluan lain guna menunjang keluarga agar lebih baik ke depan. "Ini sangat mengutungkan kami dari sisi ekonomi. Alhamdulillah pengeluaran berkurang. Di tempat lain sering cabe mahal kita tidak pusing karena kita punya cabe sendiri," tutur Desi.

Sementara Kepala BKP Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi mengapresiasi antusias para kelompok tani wanita yang giat mengolah KRPL. Mengingat langkah tersebut sebagai upaya mengantisipasi kerawanan pangan.

"Kita berada di kebun bibit Desa Padaasih saya tertarik kondisi di sini karena dikembangkan dengan pertanian organik. Jadi yang digunakan pupuk organik dan dibuat sendiri dari kawan-kawan kelompok tani wanita di sini," tuturnya. [hid]

Tags

Komentar

 
x