Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 09:14 WIB

Ibu Rumah Tangga di Cisarua Nikmati Manfaat KRPL

Oleh : Willi Nafie | Kamis, 9 November 2017 | 13:17 WIB
Ibu Rumah Tangga di Cisarua Nikmati Manfaat KRPL
Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Agung Hendriadi - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Bandung - Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dinilai dapat membantu penghematan pengeluaran kebutuhan keluarga per bulan.

Namun tak hanya demikian, namun dengan hasil tanaman di kawasan KRPL, para ibu rumah tangga dapat memperoleh hasil tambahan dari penjualan tanaman pangan.

Salah satu contohnya dapat ditelisik dari kehidupan para keluarga Kelompok Wanita Tani (KWT) yang mengolah KRPL Bunga Lestari di Kampung Panyandaan RW 01, Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

"Para KWT ini bisa menghemat biaya kebutuhan rumah tangga sampai Rp 700 ribu dalam satu bulan. Karena ibu rumah tangga tidak membeli sayur karena sudah ada di KRPL," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Agung Hendriadi, Kamis (8/11/2017).

Selain menghemat biaya kebutuhan rumah tangga, kata Agung, dalam KRPL nutrisi dan obat yang baik untuk keluarga. Pasalnya, di KRPL ini hampir semua komoditas pangan dan obat ditanam dan dibimbing langsung oleh jajaran Kementan. "Mereka bahkan membuat pertamanan di rumah masing-masing. Mereka mengembangkan tanaman organik di sini," jelasnya. [hid]

Tags

Komentar

 
x