Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 November 2017 | 00:53 WIB

Digarap Pertamina

Kontribusi Blok Mahakam 24% Migas Nasional

Oleh : Uji Sukma Medianti | Kamis, 9 November 2017 | 16:14 WIB
Kontribusi Blok Mahakam 24% Migas Nasional
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) bakal menggarap blok Mahakam. Sedianya blok Mahakam akan menyumbang kontribusi sebesar 24% dari total produksi migas nasional.

Rencananya, anak usaha milik PT Pertamina (Persero) itu akan mengebor 15 sumur di Blok Mahakam tahun depan. Dimana, sudah mengebor 11 sumur sebelumnya.

"(Kami) telah melakukan pengeboran 11 sumur di Tunu dan Handil Field, dari 15 sumur yang akan dibor Pertamina hingga tahun 2018," jelas Bambang Manumayoso, Direktur Utama PHI, di Jakarta, Kamis (9/11/2017).

Khusus untuk Mahakam, PHI telah menyiapkan berbagai strategi untuk tetap menjaga produksi migas dengan memastikan keberlangsungan kegiatan pemboran dan Well Intervention di wilayah kerja Mahakam pada saat peralihan dari Total E&P Indonesie (TEPI) ke Pertamina pada 1 Januari 2018.

"Kami juga telah menyelesaikan 5 rencana pengembangan lapangan/ POFD (Plan OF Further Development) di tahun 2017 untuk mendukung kegiatan pemboran pada tahun 2018," kata Bambang.

Selain itu, masih kata Bambang pihaknya juga melaksanakan optimalisasi pengadaan rig dan material untuk menunjang kegiatan pemboran. Pengelolaan blok Mahakam nantinya akan dilaksanakan oleh Pertamina Hulu Mahakam yang merupakan anak usaha dari Pertamina Hulu Indonesia.

Selain mengelola Blok Mahakam, Pertamina melalui PHI juga siap untuk mengelola beberapa blok terminasi lainnya, seperti Sanga-sanga & Attaka, serta Intergrasi Tengah-K. [jin]

Komentar

 
Embed Widget

x