Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 November 2017 | 00:59 WIB

Inilah Pengalaman Pertamina di Blok PascaTerminasi

Oleh : Uji Sukma Medianti | Kamis, 9 November 2017 | 17:33 WIB
Inilah Pengalaman Pertamina di Blok PascaTerminasi
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Pertamina mengaku sudah berpengalaman mengelola blok migas pascaterminasi termasuk segera menggarap Blok Mahakam di tahun depan,

Direktur Utama Pertamina Hulu Indonesia (PHI), Bambang Manumayoso mengatakan pada 2009 lalu, Pertamina mendapatkan hak operatorship untuk lapangan Offshore North West Java.

Setelah lima tahun berjalan, kata Bambang, blok Pantai Utara Jawa Barat itu mencatatkan tren peningkatan produksi hingga 12%. "Produksi migas (ONWJ) naik dari 23.1 MBOPD pada tahun 2009, meningkat menjadi 40, MBOPD," terangnya di Jakarta, Kamis (9/11/2017).

Begitu juga dengan pengelolaan blok West Madura Offshore (WMO) yang diambil alih dari Kodeco pada 2011.

Dalam kurun waktu empat tahun, Pertamina mampu meningkatkan produksi sebesar 14%, yakni dari 13.7 MBOPD di tahun 2011 menjadi 20.3 MBOPD.

Bambang menambahkan, selain mengelola Blok Mahakam, Pertamina melalui PHI juga siap untuk mengelola beberapa blok terminasi lainnya, seperti Sanga-sanga & Attaka, serta Intergrasi Tengah-K.

Menurutnya upaya tersebut sebagai langkah strategis Pertamina sebagai NOC yang mengemban tugas dalam menjaga ketahanan energi nasional. [hid]

Komentar

 
Embed Widget

x