Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 11 Desember 2017 | 20:27 WIB

Tiga BUMN Ini Realisasikan Konsep Tol Laut Jokowi

Oleh : - | Jumat, 10 November 2017 | 02:39 WIB
Tiga BUMN Ini Realisasikan Konsep Tol Laut Jokowi
Direktur Utama RNI, Didik Prasetyo - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero/RNI) bersinergi dengan PT Pelabuhan Indonesia II (persero) dan PT Pelni (Persero), merealisasikan konsep tol laut.

Dengan konsep tol laut yang diinisiasi Presiden joko Widodo, RNI melakukan pengiriman perdana kebutuhan pokok ke Kepulauan Sangihe Talaud, Sulawesi Utara, melalui program Tol Laut dan Rumah Kita.

Dalam kedatangannya ke Surabaya untuk meninjau langsung tol laut, Direktur Utama RNI, Didik Prasetyo bilang, kebutuhan pokok diangkut dari Pelabuhan Tanjung Perak menuju Sangihe-Kepulauan Lirung-Morotai untuk menurunkan disparitas harga di pulau-pulau terpencil di Indonesia Timur.

"Dengan konsep Rumah Kita, pedagang dan masyarakat di daerah bisa mendapatkan barang kebutuhan pokok dan lainnya dengan harga lebih murah dan cepat," kata Didik melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (9/11/2017).

Ia menjelaskan, pengiriman kebutuhan pokok ini baru dilakukan mengingat Rumah Kita di Sangihe baru selesai dibangun.

Ada pun Rumah Kita merupakan tempat penampungan barang-barang dari Indonesia barat seperti sembako, bahan bangunan dan lainnya untuk dijual dan didistribusiksan ke daerah.

Rumah Kita juga menjadi tempat penampungan komoditas hasil pertanian dan perikanan dari Indonesia timur untuk dijual ke daerah lain di Indonesia, khususnya Jawa.

Menurut Didik, dengan pengiriman ini, disparitas harga antara pulau Jawa dan pulau terluar tidak terlalu tinggi serta dapat menjaga stok barang ketika masuk musim barat.

Selain itu, hubungan antara pelabuhan laut ini dapat menciptakan kelancaran distribusi barang hingga ke pelosok dan menggerakkan roda perekonomian secara efisien dan merata.

Manager Layanan Tol Laut dan Ternak, PT Pelni, Antonius Lumban Gaol mengatakan, Kapal Logistik Nusantara II yang mengangkut kebutuhan pokok ini memiliki kapasitas 140 teus kontainer dan akan melayani tol laut RNI yang pertama ke arah timur. "Nantinya akan mampir di Makassar untuk mengambil semen juga," kata Antonius.

Nilai total komoditas yang diangkut sebesar Rp1,1 miliar, berupa beras 22 ton, gula bulk 20 ton, minyak goreng 46 ton, tepung terigu 20 ton, dan semen 100 ton yang bekerja sama dengan PT Semen Tonasa. [tar]

Komentar

 
x