Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 14 Desember 2017 | 17:03 WIB

ASEAN dan Hong Kong Sepakati Perdagangan Bebas

Oleh : - | Senin, 13 November 2017 | 13:19 WIB
ASEAN dan Hong Kong Sepakati Perdagangan Bebas
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Manila - Negara anggota ASEAN dan Hong Kong memperkuat hubungan ekonomi dengan menandatangani Perjanjian Perdagangan Bebas. Tujuannya untuk mendorong peluang perdagangan yang lebih besar bagi Komunitas Ekonomi ASEAN.

Penandatanganan Perjanjian Perdagangan Bebas dan Perjanjian Investasi antara ASEAN dan Hong Kong itu dilakukan di sela-sela rangkaian pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-31, seperti dilaporkan Antara dari Manila, Filipina, Senin (13/11/2017).

Kesepakatan tersebut berupa perjanjian Perdagangan Bebas ASEAN-Hong Kong, China (ASEAN-Hong Kong, China Free Trade Agreement/AHKFTA) serta Perjanjian Investasi ASEAN-Hong Kong (ASEAN-Hong Kong Investment Agreement/AHKIA).

Kedua kesepakatan tersebut merupakan bagian dari upaya berkelanjutan negara anggota ASEAN dalam memperluas hubungan ekonomi eksternal untuk mendorong peluang perdagangan yang lebih besar bagi Komunitas Ekonomi ASEAN.

"Ini akan membuka lebih banyak peluang bagi ASEAN karena kita memastikan akses pasar yang lebih besar untuk produk kita dan aliran investasi asing langsung (FDI) yang berkelanjutan," kata Ketua Menteri Ekonomi ASEAN untuk 2017 Ramon Lopez.

Lopez menyampaikan bahwa kedua kesepakatan itu akan memberi kesempatan kerja bagi masyarakat ASEAN dan meningkatkan kolaborasi antara bisnis, khususnya sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

AHKFTA merupakan perjanjian perdagangan bebas ke-6 yang dilakukan ASEAN dengan mitra eksternal setelah perjanjian perdagangan bebas (Free Trade Agreement/FTA) dengan Korea Selatan, Jepang, India, Australia, dan Selandia Baru.

Perjanjian perdagangan bebas ASEAN dengan para mitra eksternal itu mencakup perdagangan barang, peraturan dalam negeri, tindakan non-tarif, prosedur bea cukai dan fasilitasi perdagangan, solusi perdagangan, hambatan teknis untuk perdagangan, perdagangan jasa, hak kekayaan intelektual, serta kerja sama ekonomi dan teknis.

Komentar

 
Embed Widget

x