Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 14 Desember 2017 | 17:01 WIB

Arcandra: Sulitnya Mulai Pipa Gas Duri-Dumai

Oleh : Uji Sukma Medianti | Senin, 13 November 2017 | 15:58 WIB
Arcandra: Sulitnya Mulai Pipa Gas Duri-Dumai
Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar, melakukan groundbreaking pembangunan pipa gas Duri-Dumai, di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (13/11/2017).

Prosesi groundbreaking kali ini, dilakukan dengan melakukan video conference dari dari dua lokasi berbeda. Yakni di Kilang Refinery Unit II Dumai (Pertamina) dan di Off Take Station (OTS) Dumai (PGN).

Arcandra menjelaskan, untuk tujuan ini mengalami perdebatan panjang sampai proses groundbreaking terlaksana hari ini. Pipa Duri-Dumai yang memiliki diameter 24 inch dan panjang sekitar 64 km ini, memiliki komplektivitas yang banyak.

"Ada kompleksitas bagaimana menyelesaikan proyek ini. Diputuskan groundbreaking saja susah," terang Arcandra di KESDM, Senin (13/11/2017).

Menurut Arcandra, kedua BUMN energi ini sempat bersikukuh pada keinginannya masing-masing dalam menentukan lokasi groundbreaking.

"Pertamina maunya di Dumai, (sedangkan) PGN maunya di Duri (groundbreakingnya). Saya maunya dimana? Musyawarah saja. Paling ideal di kementerian ESDM," ujar dia.

Arcandra mengaku bila terus seperti itu, proyek akan tertunda bahkan bisa tahun depan. "Kalau ditunda terus mungkin sampai tahun depan nggak tahu kapan groundbreakingnya. Ini (groundbreaking) seremoni. Kalau yang lahir tahun 70an kan generasi x ya. Kalau sekarang generasi Z. (Jadi) Groundbreakingnya pakai video conference saja," jelas Arcandra. [hid]

Komentar

 
x