Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 14 Desember 2017 | 16:52 WIB

Penghapusan Golongan Pelanggan PLN Untungkan UMKM

Oleh : Uji Sukma Medianti | Rabu, 15 November 2017 | 11:39 WIB
Penghapusan Golongan Pelanggan PLN Untungkan UMKM
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Rencana penghapusan golongan pelanggan listrik di bawah 5.500 VA berpotensi menguntungkan UMKM.

UMKM tak perlu mengeluarkan biaya tambahan apabila hendak menambah daya listrik. Dengan begitu, listrik golongan 900 VA non subsidi, 1.300 VA, 2.200 VA, 3.300 VA dan 4.400 VA akan dihapus dan diratakan menjadi 5.500 VA.

Pemerintah sudah menjanjikan bila adanya penyederhanaan golongan ini tidak akan diiringi oleh kenaikan tarif dasar listrik per kWh.

Pengamat Energi Universitas Gadjah Mada, Fahmy Radhi, menuturkan, selama ini rata-rata 1.300 VA -3.300 VA.

Dengan kenaikan daya tanpa tambahan biaya dan tanpa kenaikan tarif per kWh, UMKM dapat berkembang karena bisa memperoleh daya listrik yang lebih besar tanpa mengeluarkan biaya tambahan.

Dia menerangkan, pada saat UMKM itu melakukan ekspansi usahanya yang membutuhkan tambahan daya listrik, UMKM tidak perlu mengajukan penambahan daya dengan biaya tambahan.

"UMKM itu tidak perlu lagi mengajukan penambahan daya listrik, lantaran sudah tersedia dengan adanya program penambahan daya listrik tersebut," jelas Fahmy kepada INILAHCOM di Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Namun begitu, rencana penyederhanaan dengan menghapus golongan listrik dibawah 5.500 VA ini, masih digodok oleh Kementerian ESDM dan juga PT PLN (Persero).

Sedianya, pemerintah mentargetkan rencana ini akan diputuskan dua minggu ke depan. Dalam hal ini, pemerintah akan meminta partisipasi masyarakat dalam menelurkan keputusan perlu atau tidaknya penghapusan golongan listrik dibawah 5.500 VA ini. [hid]

Komentar

 
x