Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 20:35 WIB

Mentan Panen Padi 100 Ha di Rawa Lebak

Oleh : - | Rabu, 15 November 2017 | 20:22 WIB
Mentan Panen Padi 100 Ha di Rawa Lebak
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Hulu Sungai Selatan - Menteri Pertanian Amran Sulaiman melakukan panen padi seluas 100 hektar di Rawa Lebak, Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Padi yang dipanen di lahan rawa ini merupakan hasil penerapan teknologi oleh Litbang Kementerian Pertanian.

Menteri Amran Sulaiman menyampaikan harapannya ke depan petani mampu mengelola lahan rawa lebak 100 ribu hektar. Guna mendukung rencana tersebut Menteri Amran menyampaikan bantuan berupa alat traktor roda dua dan roda empat sebanyak 14 unit dan juga cultivator sebanyak 1 buah.

"Nanti semua (alat mesin pertanian) bergerak secara brigade," ungkap Mentan, Rabu (15/11/2017). Melihat potensi lahan rawa yang dimiliki oleh Pulau Borneo ini, Amran optimis Indonesia produksi pangan mampu ditingkatkan lagi.

Haji Ahmad, salah seorang petani yang tengah panen mengakui kemajuan yang diperolehnya berkat kerja sama dan bimbingan dari aparat litbang pertanian. Kalau dulu petani dengan pola konvensional hasil yang diperoleh jauh dari harapan, tetapi sekarang dengan adanya teknologi hasil taninya semakin menjanjikan. Di areal rawa lebak tersebut para petani mampu menghasilkan padi dengan produktivitas 4 hingga 6 ton per hektar.

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Menteri Amran yang didampingi Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan Ahmad Fikri lansung terjun ke air setinggi 1 meter untuk melakukan panen di area Rawa Lebak. Hal ini sempat mengagetkan awak media dan para petani yang hadir. [*]

Komentar

 
x