Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 20:36 WIB

Gapoktan Baji Gau Kirim Beras ke Lapas 70 Ton/Bln

Oleh : Ahmad farhan faris | Kamis, 16 November 2017 | 07:48 WIB
Gapoktan Baji Gau Kirim Beras ke Lapas 70 Ton/Bln
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Makassar - Gudang Cadangan Pangan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Baji 'Gau' Desa Paraikatte, Bajeng, Gowa, Sulawesi Selatan, menjaga stok beras hingga ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi mengatakan, LDPM Baji Gau membina Gapoktan dengan menggiling langsung gabah, mendistribusikan ke outlet-outlet dan konsumen, seperti Toko Tani Indonesia (TTI). Artinya, persediaan bahan pangan di TTI, sangat bergantung Gapoktan.

"Mereka juga distribusi ke Lapas (Lembaga Pemasyarakatan dan Bulog, stok pangan nasional kita dari situ kita andalkan. Kalau Lapas di Makassar, Pare-pare dan lainnya wilayah Sulawesi Selatan," kata Agung di Makassar, Rabu (15/11/2017).

Kata Agung, Gapoktan mengirimkan beras ke Bulog hampir 10 ton per hari. Sedangkan pasokan untuk Toko Tani Indonesia sekitar 59 ton. Dan, khusus untuk Lapas kurang lebih 50 sampai 70 ton per bulan. "Baik dari TTI, Lapas dan Bulog membeli gabah senilai Rp 8.000 per kg dari LDPM Baji Gau sesuai dengan ketentuan harga pembelian pemerintah (HPP)," jelas dia. [ipe]

Tags

Komentar

 
x