Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 20:35 WIB

Jaga Ketersediaan Beras, BKP Kementan Bina LDPM

Oleh : Ahmad farhan faris | Kamis, 16 November 2017 | 08:36 WIB
Jaga Ketersediaan Beras, BKP Kementan Bina LDPM
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Makassar - Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP), Agung Hendriadi mengunjungi Gudang Cadangan Pangan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM) Gapoktan Baji 'Gau' Desa Paraikatte, Bajeng, Gowa, Sulawesi Selatan.

"Apa yang kita lihat disini adalah salah satu kegiatan yang dilakukan Kementan (Kementerian Peranian), melalui Badan Ketahanan Pangan, yaitu pengembangan LDPM. Di mana, yang kita bina adalah Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani)," kata Agung, Rabu (15/11/2017).

Ia menjelaskan, program pengembangan LDPM ini bertujuan untuk menghimpun produksi gabah dari petani. Serta mengolah, mendistribusikan beras secara langsung kepada konsumen. Langkah ini merupakan upaya untuk memotong panjangnya rantai pasok. Sehingga harga beras menjadi lebih terjaga dan petani tetap sejahtera.

"Contoh disini adalah LDPM Baji Gau, membina gapoktannya, menggiling kemudian langsung mendistribusikan ke outlet-outlet yang langsung ke konsumen misal Toko Tani Indonesia (TTI). Adanya barang pangan di TTI itu tergantung dari mereka ini," ujarnya.

"Yang tadinya mesin penggilingan kurang bagus jadi bagus, tidak punya gudang jadi punya gudang, bisa juga menjemur," lanjut Agung.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Provinsi Sulawesi Selatan, Fitriani mengatakan, pihaknya akan membina Lembaga Usaha Pangan Masyarakat (LUPM). Program ini melayani konsumen, membantu Bulog untuk memasok pengadaan pangan. "Saya kira terima kasih Sulawesi Selatan bisa teruskan," tandasnya. [ipe]

Tags

Komentar

 
x