Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 20:57 WIB

RI Ajak Dunia Gotong Royong Atasi Perubahan Iklim

Oleh : - | Jumat, 17 November 2017 | 18:32 WIB
RI Ajak Dunia Gotong Royong Atasi Perubahan Iklim
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Bonn - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menegaskan untuk memenuhi kebutuhan negara-negara di dunia mengatasi dampak Perubahan Iklim, Indonesia telah melakukan berbagai aksi konkret. Namun Indonesia tentu tidak bisa bekerja sendiri.

Hal tersebut disampaikan Siti Nurbaya saat berbicara pada forum tingkat tinggi Konferensi Perubahan Iklim (COP UNFCCC) ke-23 di Bonn, Jerman, Kamis (16/11) waktu setempat. COP atau Conference of Parties menjadi forum bagi 195 negara dan 1 blok ekonomi (Uni Eropa), untuk saling bertemu dan mendiskusikan rencana kemanusiaan memerangi perubahan iklim.

Secara konkret, Indonesia telah mempertegas komitmen dalam dokumen Nationally Determined Contribution (NDC) dengan muatan pokok target pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sebesar 29 % pada 2030 dengan kondisi business as usual, atau 41% dengan kondisi dukungan kerja sama teknis luar negeri. Komposisi target penurunan emisi GRK terbesar yaitu dari sektor hutan dan lahan/ekosistem (17,2%), kemudian sektor energi (11%), limbah (0,38%), pertanian (0,32%) serta industri dan pabrik (0,10%).

Indonesia telah meratifikasi Paris Agreement melalui Undang-Undang No. 16 Tahun 2016 ataupun guna memenuhi mandat UUD 1945, dan telah sukses menangani Kebakaran Hutan dan Lahan pada 2016 dan 2017 serta Pengelolaan Lahan Gambut.

"Komitmen negara-negara di dunia menjalankan 'Persetujuan Paris' sangat penting. Kami menyambut baik negara-negara yang baru-baru ini menyatakan niat mereka untuk menandatangani atau meratifikasi,'' kata Menteri Siti

Persetujuan Paris telah mulai berlaku sejak November 2016 dan saat ini sudah ada 170 negara yang melakukan ratifikasi kesepakatan tersebut, termasuk Indonesia. UNFCCC berkomitmen dan berupaya mencegah kenaikan suhu global tidak melebihi 20C atau setara dengan gas rumah kaca 450 PPM di atmosfer pada tahun 2100. [*]

Komentar

 
x