Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 11 Desember 2017 | 20:34 WIB

Gubernur Banten Ingin Tol Panimbang Rampung 2019

Oleh : - | Minggu, 19 November 2017 | 05:58 WIB
Gubernur Banten Ingin Tol Panimbang Rampung 2019
Gubernur Banten Wahidin Halim - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Lebak - Gubernur Banten Wahidin Halim menargetkan pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang tahun 2019 rampung sehingga dapat memobilisasi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Kami minta secepatnya awal tahun 2018 sudah dilakukan pembebasan lahan," kata Wahidin Halim saat peresmian perumahan Citra Maja Raya di Kabupaten Lebak, Sabtu (18/11/2017).

Pemerintah daerah memfokuskan pembangunan infrastuktur jalan tol Serang-Panimbang juga jalur kereta api guna menunjang akses arus lalu lintas.

Pembangunan jalan tol dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat juga membebaskan dari daerah tertinggal.

Pengoperasian jalan tol akan memudahkan sarana angkutan yang hendak mendatangi destinasi wisata pesisir selatan Banten.

Apalagi, di pesisir selatan Banten terdapat KEK Tanjung Lesung juga Pulau Umang, Taman Nasional Ujung Kulon (TNUG) dan kawasan Pantai Carita serta Pantai Anyer.

Selain itu juga pembangunan jalan tol dapat membebaskan daerah tertinggal sehingga bisa sejajar dengan daerah lain yang maju di Provinsi Banten.

Sebab, Kabupaten Lebak dan Pandeglang hingga kini menjadikan daerah tertinggal.

Pemerintah daerah juga mengusulkan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membuka jalan tol Tangerang Selatan-Maja.

"Kami optmistis Banten akan lebih maju jika terdapat pembangunan jalan tol,termasuk kota baru terpadu Maja akan memberikan dampak ekonomi cukup besar bagi masyarakat," katanya menjelaskan.

Menurut dia, pemerintah daerah juga mendesak Kementerian Perhubungan agar mengaktifkan kembali jalan rel kereta api di Banten.

Apabila, jalan kereta api Rangkasbitung-Saketi-Tanjung Lesung-Carita-Anyer-Bayah dioperasikan akan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Potensi alam Provinsi Banten cukup melimpah bidang pertanian sayuran, hortikultura, pangan, palawija dan perkebunan. Disamping itu juga terdapat destinasi wisata yang memiliki panorama yang alami dan pesona juga lautnya cukup eksekotik.

Selama ini, kondisi daerah Banten relatif aman dan kondusif juga orang-orangnya ramah dan baik. Keberhasilan pembangunan itu tentu harus dilakukan pemberantasan korupsi karena menjadikan penghalang pembangunan dari berbagai sektor. "Kami akan menindaktegas jika pejabat ditemukan korupsi," katanya.

Direktur Utama PT Wijaya Karya Serang Panimbang (WSP) Entus Asnawi mengatakan,pihaknya selaku pemilik konsesi tol Serang-Panimbang menargetkan jalan tol kurang lebih sepanjang 84 km rampung akhir Desember 2019.

"Kami yakin jalan tol itu bisa membuka akses pemerataan ekonomi masyarakat karena arus lalu lintas cenderung meningkat hingga 24 jam," katanya. [tar]

Komentar

 
x