Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 15 Desember 2017 | 13:18 WIB

Tahun Depan, Pemudik Nikmati Tol Jakarta-Surabaya

Oleh : - | Senin, 20 November 2017 | 09:38 WIB
Tahun Depan, Pemudik Nikmati Tol Jakarta-Surabaya
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Lebak - Bagi pemudik Lebaran 2018 dari Jakarta menuju Jawa Timur, ada kabar gembira. Jalan tol Jakarta-Surabaya sudah bisa dilintasi. Kinerja Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat layak dipuji.

"Kami mengapresiasi kerja keras Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dapat merealisasikan jalan tol Jakarta-Surabaya," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meresmikan perumahaan Citra Maja Raya di Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu (18/11/2017).

Ya, Menhub Budi benar. Selama ini, Menteri Basuki kerja keras untuk membangun infrastruktur. Hal ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin fokus memoles infrastruktur. Agar perekonomian daerah bisa melesat dan memudahkan akses rakyat, khususnya saat mudik Lebaran.

Diperkirakan, tol Jakarta-Surabaya sudah bisa dioperasikan pada Lebaran 2018. Selanjutnya, pemerintah membangun tol Surabaya-Banyuwangi pada 2019. "Kami yakin jalan tol Jakarta-Surabaya dapat memobilisasi pertumbuhan ekonomi masyarakat cukup besar," kata Budi.

Kata Budi, keberhasilan kerja Menteri PUPR yang layak diapresiasi adalah beroperasinya jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu atau Becakayu. Padahal, proyek ini mangkarak hingga belasan tahun.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pemerintah pusat, Pemprov Banten dan Pemkab Lebak sepakat untuk membangun kota terpadu. Di mana, Maja menjadi salah satu kota baru yang dikembangkan bersama 10 kota lain di Indonesia.

Kota ini, kata Basuki, bisa menjadi kota yang mandiri ke depan dan diperkirakan akan menampung 1,2 juta jiwa warga Jakarta ke Citra Maja Raya.

Untuk mengembangkan kota terpadu ini, juga akan dilakukan pengembangan termasuk stasiun Maja dan akan ada pembangunan tol Serpong-Balaraja yang akan dikembangkan oleh pihak swasta sebagai penunjang kota terpadu. [tar]

Komentar

 
x