Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 20:35 WIB

Stok Pangan Aman, Amran Minta Bulog Siap-siap

Oleh : Uji Sukma Medianti | Selasa, 21 November 2017 | 03:09 WIB
Stok Pangan Aman, Amran Minta Bulog Siap-siap
Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah memastikan stok pangan aman menjelang berakhirnya 2017. Awal tahun depan, sejumlah daerah masuk masuk musim panen.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, menerangkan, saat ini stok pangan masih dalam kategori aman bahkan sudah mencapai deflasi.

Bahkan, kata Amran, pada Februari 2018, sudah memasuki masa panen raya. Hal ini akan menyebabkan stok beras akan mengalami peningkatan. "Kita harus jaga persiapan Februari (tahun 2018) untuk panen raya," terang Amran usai rapat koordinasi di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (20/11/2017).

Akan tetapi, melimpahnya stok beras tidak selalu menjadi berkah. Pasalnya, ada kerugian yang harus diterima petani jika stok berasnya berlebih yang menyebabkan harga ditingkat petani menjadi rendah.

"Panen raya ini jangan lagi harga jatuh terlalu jauh sehingga petani merugi," ujar dia.

Dia mengatakan, untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya akan mendorong Perum Bulog untuk membangun cold storage serta mengembangkan teknologi lain untuk menyimpan hasil panen komoditas lainnya. "Kita bangun kerja sama dengan mitra bangun pengeringan untuk semua komoditas," ujarnya.

Namun begitu, Amran masih belum dapat menyebut berapa jumlah cold storage yang diperlukan serta berapa anggaran yang akan digelontorkan untuk memenuhi hal itu. "Nanti kita hitung minggu depan kita rapat lagi. Kita harus siapkan (anggaran)karena itu menyangkut hajat hidup petani," jelasnya. [ipe]

Komentar

 
x