Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 20:57 WIB

Pegadaian Bakal Layani Gadai Sertifikat Tanah

Oleh : Uji Sukma Medianti | Selasa, 21 November 2017 | 18:09 WIB
Pegadaian Bakal Layani Gadai Sertifikat Tanah
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - PT Pegadaian (Persero) tengah menyiapkan produk baru untuk pembiayaan mikro yang berbasis tanah atau lahan.

Direkur Utama Pegadaian, Sunarso, menerangkan, produk Rahn atau gadai dalam bahasa Arab itu tidak diartikan bahwa tanah akan dijual sebagai pelunasan. "Pada dasarnya tanah itu tidak bisa digadai. Tapi kalo akadnya RAHN, itu bisa. Tidak ada tanah digadai. Sekarang belum ada, makanya mau kita buat," ungkap Sunarso di Jakarta, Selasa (21/11/2017).

Dalam hal ini, kata Sunarso, tanah juga memiliki nilai sewa. Sehingga yang digadai adalah sertifikat tanahnya. "(Jadi) Sertifikat tanahnya yang digadaikan dan dapat modal kerja (misalnya bagi petani) supaya orang mau tanam sayur bisa dikerjakan dari modal kerja (sertifikat yang digadai) tadi," jelas Sunarso.

Selain tanah, Soenarso menerangkan, ada juga traktor, pompa air dan lain-lain. Biasanya di bidang perkebunan, pompa air biasanya hanya disimpan di gudang bila tidak digunakan. Saat ini, bisa dimonetisasi Pegadaian ke agen pompa air yang menjadi mitra kerja. "Hal ini bisa di monetisasi. Sekarang itu sudah bisa jalan," terangnya.

Saat ini, Pegadaian tengah melakukan koordinasi dengan pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR). [ipe]

Komentar

 
x